Ini Dia Ragam Rekomendasi Kuliner di Jepara, Wajib Anda Tahu! - paketwisataseru.com

Destination

Jepara, kota yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menyuguhkan kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Dari hidangan tradisional hingga makanan modern dengan sentuhan lokal, Jepara memiliki beragam pilihan kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Berikut adalah delapan rekomendasi kuliner di Jepara yang patut Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

1. Turuk Bintol

Turuk Bintol adalah hidangan tradisional khas Jepara yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis, kemudian dibungkus dengan lemak sapi dan dibakar hingga matang. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan lezat, dengan tekstur daging yang empuk dan lembut. Turuk Bintol sering disajikan dengan sambal kecap dan lalapan segar sebagai pelengkap.

2. Horok-horok

Horok-horok adalah hidangan tradisional khas Jepara dimna menggunakan bahan utamanya terbuat dari tepung yang diolah dengan santan dan gula pasir. Hidangan ini kemudian diberi tambahan berbagai macam seafood seperti udang, cumi-cumi, dan ikan, yang kemudian direbus atau digoreng dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Horok-horok biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkap.

3. Bongko Mento

Bongko Mento adalah kue tradisional khas Jepara yang terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, gula merah, dan santan. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Bongko Mento memiliki tekstur yang lembut dan aroma harum dari kelapa parut dan gula merah.

4. Pindang Serani

Pindang Serani adalah hidangan ikan khas Jepara yang dimasak dengan menggunakan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan lengkuas. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan bandeng atau ikan tongkol yang memiliki daging yang lembut dan gurih. Pindang Serani disajikan dengan kuah yang kental dan aroma rempah yang harum.

Baca Juga  7 Rekomendasi Kuliner di Demak, Wajib Anda Cicip!

5. Lontong Krubyuk Jepara

Lontong Krubyuk adalah hidangan nasi ketan yang disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari santan, daging sapi, telur, dan sayuran seperti kacang panjang dan tauge. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis, serta tekstur yang lembut dan kenyal dari nasi ketan dan kuah santan yang kental.

6. Opor Panggang Jepara

Opor Panggang adalah hidangan daging ayam yang dimasak dengan bumbu opor khas Jepara, kemudian dipanggang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan harum, dengan daging ayam yang empuk dan bumbu opor yang meresap sempurna.

7. Bakso Bambu Runcing

Bakso Bambu Runcing adalah hidangan bakso yang unik karena dibuat dengan menggunakan bambu sebagai cetakannya. Bakso ini memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, dan disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa. Bakso Bambu Runcing biasanya disajikan dengan mie atau nasi sebagai pelengkap.

8. Es Gempol

Es Gempol adalah minuman segar khas Jepara yang terbuat dari gula aren, santan, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa manis dan segar, dengan aroma harum dari gula aren dan santan. Es Gempol seringkali disajikan dengan tambahan topping seperti biji selasih atau potongan buah.

Apa yang Membuat Jepara Menjadi Menarik Selain Kulinernya?

Selain kekayaan kuliner yang memikat, Jepara juga menawarkan beragam daya tarik lainnya yang membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan. Berikut adalah beberapa hal yang membuat Jepara menjadi menarik selain kulinernya:

  1. Kesenian dan Kerajinan Kayu: Jepara dikenal sebagai pusat industri kerajinan kayu yang terkenal di Indonesia. Para pengrajin di Jepara menghasilkan berbagai macam produk kayu berkualitas tinggi, mulai dari mebel hingga ukiran tangan yang indah. Wisatawan dapat mengunjungi desa-desa pengrajin kayu untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan ini atau berbelanja untuk membawa pulang oleh-oleh khas Jepara.
  2. Pantai-pantai yang Indah: Jepara memiliki sejumlah pantai yang menakjubkan dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Beberapa pantai populer di Jepara antara lain Pantai Kartini, Pantai Bandengan, dan Pantai Karimunjawa. Pantai-pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk bersantai, berenang, atau menikmati keindahan alam laut yang menakjubkan.
  3. Warisan Budaya dan Sejarah: Sebagai salah satu kota tua di Jawa Tengah, Jepara kaya akan warisan budaya dan sejarah. Wisatawan dapat mengunjungi berbagai situs bersejarah seperti Museum Kartini, Makam Syeh Jumadil Kubro, dan Masjid Agung Jepara yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Selain itu, Jepara juga memiliki berbagai macam bangunan bersejarah dan peninggalan budaya yang menarik untuk dikunjungi.
  4. Seni Ukir Tradisional: Jepara terkenal dengan seni ukir tradisionalnya yang telah diakui secara internasional. Wisatawan dapat melihat berbagai macam ukiran kayu yang indah di berbagai sudut kota, mulai dari jalan-jalan utama hingga galeri seni. Beberapa tempat terkenal untuk melihat dan membeli ukiran kayu adalah Jalan Sultan Hadlirin dan Kampung Ukir.
  5. Wisata Alam di Pulau Karimunjawa: Karimunjawa adalah gugusan kepulauan yang terletak di lepas pantai Jepara dan dikenal sebagai surga bagi para pecinta alam dan penyelam. Pulau-pulau ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler, seperti pantai-pantai berpasir putih, terumbu karang yang indah, dan kehidupan laut yang beragam. Aktivitas yang populer di Karimunjawa termasuk snorkeling, diving, dan menjelajahi pulau-pulau terpencil.
  6. Festival dan Acara Budaya: Jepara sering mengadakan berbagai festival dan acara budaya yang menarik bagi wisatawan. Salah satu acara yang paling terkenal adalah Festival Bahari Karimunjawa yang menampilkan berbagai kegiatan seperti lomba perahu tradisional, pertunjukan budaya, dan pameran kuliner. Selain itu, Jepara juga sering mengadakan festival seni dan budaya lokal yang menampilkan seni tradisional dan pertunjukan musik.
Baca Juga  8 Rekomendasi Kuliner di Banjarnegara, Coba Cicip!

Keseluruhan, Jepara adalah destinasi yang menarik untuk dikunjungi tidak hanya karena kelezatan kuliner tradisionalnya, tetapi juga karena keindahan alamnya, warisan budaya yang kaya, dan beragam aktivitas wisata yang tersedia. Dengan berbagai daya tariknya yang unik, Jepara menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung dari segala penjuru dunia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *