8 Rekomendasi Kuliner di Cirebon yang Wajib Dicoba - paketwisataseru.com

Destination

Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat, terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan unik. Mengunjungi Cirebon bukan hanya tentang melihat keindahan alamnya, tetapi juga tentang menjelajahi kekayaan kuliner yang dimiliki oleh kota ini. Berikut adalah delapan rekomendasi kuliner di Cirebon yang wajib Anda coba jika berkunjung ke sana.

1. Empal Gentong

Empal Gentong adalah hidangan khas Cirebon yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah santan yang kaya rempah-rempah. Proses memasaknya yang cukup lama membuat daging menjadi sangat empuk dan bumbu rempah yang meresap memberikan cita rasa yang khas dan lezat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan diberi tambahan sambal untuk menambah kenikmatannya.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah hidangan nasi yang berasal dari daerah Jamblang, Cirebon. Hidangan ini terkenal karena nasi yang digunakan dibungkus dengan daun jati kemudian disajikan dengan berbagai lauk pauk tradisional seperti ikan, ayam, tahu, tempe, dan sambal. Nasi Jamblang memiliki cita rasa yang khas dan unik karena proses pembungkusannya yang menggunakan daun jati.

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk seperti tahu, tempe, telur, dan daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang yang gurih. Hidangan ini kemudian dituangi kuah kacang dan taburan bawang goreng serta kerupuk, menambah kenikmatannya. Nasi Lengko memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang unik karena perpaduan antara nasi, kuah kacang, dan taburan bumbu.

4. Docang

Docang merupakan salah satu makanan tradisional Cirebon yang terbuat dari tauge, tahu, dan kacang panjang yang dimasak dalam kuah santan yang kental. Hidangan ini disajikan dengan pelengkap seperti sambal dan kerupuk, menambah cita rasa dan tekstur. Docang memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok disantap sebagai menu sarapan atau makanan ringan di siang hari.

Baca Juga  7 Rekomendasi Kuliner di Pangandaran

5. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian disiram dengan kuah bumbu kacang yang pedas dan manis. Tahu yang telah disiram dengan kuah tersebut kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan cabai rawit untuk menambah cita rasa pedasnya. Tahu Gejrot memiliki rasa yang unik dan menyegarkan, cocok disantap sebagai makanan penutup atau camilan di siang hari.

6. Mi Koclok

Mi Koclok adalah hidangan mi khas Cirebon yang terbuat dari mi kuning yang dimasak dalam kuah ayam yang gurih dan kental. Hidangan ini biasanya disajikan dengan potongan daging ayam, telur rebus, daun bawang, dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Mi Koclok memiliki cita rasa yang lezat dan kaya akan rempah, cocok disantap sebagai menu sarapan atau makan siang.

7. Kue Tapel

Kue Tapel merupakan makanan tradisional Cirebon yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Adonan tersebut kemudian dikukus hingga matang dan menghasilkan kue yang lembut dan manis. Kue Tapel memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, cocok disantap sebagai makanan penutup atau camilan di sore hari.

8. Mi Colot

Mi Colot adalah hidangan mi khas Cirebon yang terbuat dari mi yang dimasak dalam kuah kaldu sapi yang kental dan gurih. Mi Colot biasanya disajikan dengan potongan daging sapi, tauge, daun bawang, dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih, cocok disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

Itulah delapan rekomendasi kuliner khas Cirebon yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Setiap hidangan memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri yang pasti akan memanjakan lidah Anda. Jangan lupa untuk menjajal kuliner-kuliner lainnya yang juga tak kalah lezat dan menggugah selera. Selamat menikmati!

Baca Juga  9 Rekomendasi Kuliner di Sukabumi yang Menggoyang Lidah!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *