8 Rekomendasi Kuliner di Tegal, Harus Cicip! - paketwisataseru.com

Destination

Tegal, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, terkenal dengan destinasi wisata Tegal yang menarik dan kelezatan kuliner khasnya. Dengan beragam pilihan makanan tradisional yang menggugah selera, Tegal menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan memikat, memanjakan lidah siapa pun yang mencicipinya. Jika Anda berkunjung ke Tegal, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner di Tegal yang lezat dan menggugah selera.

1. Kupat Glabed: Citra Khas Tegal yang Menggoda

Kupat Glabed: Kuliner Tradisional dengan Sentuhan Modern

Kupat Glabed merupakan salah satu kuliner khas Tegal yang wajib dicicipi. Hidangan ini terbuat dari nasi ketan yang dikukus hingga matang, kemudian dilengkapi dengan irisan tahu, tempe, dan bihun. Semua bahan tersebut disajikan dalam satu piring dengan tambahan kuah kacang yang kental dan bumbu rempah khas Jawa Tengah. Kupat Glabed biasanya disajikan dengan irisan mentimun dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Cita rasanya yang gurih dan kaya rempah membuat hidangan ini begitu memikat lidah.

2. Rujak Teplak: Paduan Manis Pedas yang Menggoda Selera

Rujak Teplak: Lezatnya Perpaduan Buah Segar dengan Sambal Kacang

Rujak Teplak adalah salah satu hidangan favorit di Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Hidangan ini terdiri dari campuran beragam buah segar seperti mangga muda, nanas, kedondong, dan bengkoang yang dipotong-potong dan disajikan dengan sambal kacang yang pedas dan gurih. Rujak Teplak memiliki cita rasa yang unik dengan perpaduan manis, asam, dan pedas yang memukau selera. Hidangan ini seringkali disajikan dengan tambahan irisan tahu dan tempe goreng untuk menambah kelezatannya.

3. Sate Blengong: Nikmatnya Daging Bebek yang Dibakar dengan Sempurna

Sate Blengong: Kuliner Spesial dari Tegal yang Menggugah Selera

Sate Blengong merupakan hidangan spesial dari Tegal yang terbuat dari daging bebek yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusukan bambu, kemudian dipanggang di atas bara api hingga matang sempurna. Daging bebek yang digunakan memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang gurih. Sate Blengong biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan pedas serta ditambah dengan irisan bawang merah dan tomat segar. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat Sate Blengong menjadi hidangan favorit di Tegal.

Baca Juga  Harga Paket Wisata Banyuwangi 4 Hari, Mulai 2 Jutaan Saja

4. Blendung: Kuliner Berkuah yang Menghangatkan Perut

Blendung: Hidangan Gurih Berkuah dengan Aroma Harum

Blendung merupakan hidangan tradisional Tegal yang ada dengan jagung dan jenang yang enak sekali. Sangat manis dengan taburan parutan kelapa yang nikmat. Berasal dari jagung yang diolah seperti jenang.

5. Nasi Lengko: Paduan Nikmat antara Nasi dan Sayuran

Nasi Lengko: Kombinasi Nasi, Tahu, dan Kecambah yang Menggugah Selera

Nasi Lengko adalah hidangan khas Tegal yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan tahu goreng, tauge, irisan mentimun, dan tomat segar. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kacang yang gurih dan pedas. Nasi Lengko memiliki cita rasa yang unik dengan kombinasi tekstur yang crunchy dari tauge dan tahu serta rasa gurih dari kuah kacangnya. Hidangan ini seringkali disajikan dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkapnya. Rasanya yang lezat dan menyegarkan membuat Nasi Lengko menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat Tegal.

6. Nasi Ponggol: Kelezatan Nasi Goreng dengan Sentuhan Khas Tegal

Nasi Ponggol: Nasi Goreng dengan Racikan Bumbu Khas

Nasi Ponggol merupakan varian nasi goreng khas Tegal yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Nasi goreng ini terbuat dari nasi putih yang digoreng dengan tambahan telur, potongan daging ayam atau sapi, dan bumbu-bumbu khas Tegal seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Nasi Ponggol memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, sangat cocok disantap sebagai sarapan atau makan malam. Hidangan ini seringkali disajikan dengan irisan mentimun dan tomat segar serta taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

7. Soto Tauco: Kelezatan Soto dengan Tambahan Bumbu Tauco

Soto Tauco: Paduan Lezat Antara Kuah Soto dan Bumbu Tauco

Soto Tauco adalah hidangan soto khas Tegal yang memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Soto Tauco terbuat dari kuah kaldu ayam yang kaya rempah, kemudian disajikan dengan tambahan potongan daging ayam, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Yang membuat Soto Tauco berbeda adalah penggunaan bumbu tauco yang memberikan aroma dan rasa yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan irisan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Baca Juga  Ini Dia Paket Wisata Keluarga Batu Malang 3 Hari 2 Malam, Termurah!

8. Gemblong Ocar Acir: Camilan Manis Berbalut Gula Aren

Gemblong Ocar Acir adalah camilan tradisional khas Tegal yang memiliki cita rasa manis dan tekstur yang kenyal. Terbuat dari campuran tepung beras dan gula aren yang dicampur hingga membentuk adonan yang elastis, kemudian adonan tersebut dibentuk menjadi bulatan kecil dan digoreng hingga kecokelatan. Setelah matang, Gemblong Ocar Acir biasanya ditaburi dengan serutan kelapa atau wijen untuk memberikan tambahan rasa dan tekstur yang lebih kaya. Camilan ini seringkali menjadi favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa di Tegal.

Dengan beragam pilihan rekomendasi kuliner di Tegal yang lezat dan menggugah selera, Tegal memang pantas dijuluki sebagai surga bagi para pecinta makanan. Dari hidangan berkuah hingga camilan manis, setiap gigitan akan membawa Anda pada petualangan rasa yang tak terlupakan. Jadi, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Tegal, pastikan untuk mencicipi beberapa hidangan yang telah disebutkan di atas untuk pengalaman kuliner yang luar biasa. Selamat menikmati!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *